Ads

Rabu, 02 September 2020

September 02, 2020

dr. Yustien Yusiana
KORANPAGI.NET - Efek musim kemarau (mbediding) sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Virus dan kuman akan mudah berkembang biak dan mudah masuk ke dalam tubuh, Rabu(2/9/2020).

Pergantian musim kemarau cenderung terasa dingin di badan, sehingga kerap kali menyebabkan kulit menjadi kering bahkan bersisik, bahkan bisa juga memicu gangguan pada kulit seperti gatal- gatal.
Hal ini berhubungan dengan kelembaban udara yang rendah.

Yang perlu diperhatikan adalah mandi dengan sabun yang memiliki kadar kelembaban tinggi. Karena sabun yang mengandung pelembap tinggi akan melindungi permukaan kulit.

Selama ini masyarakat salah menilai, utamanya pada remaja, mereka cenderung memilih sabun yang mengandung antiseptik, bertujuan supaya kulit terbebas dari kuman (bakteri). Padahal sabun yang mengandung antiseptik ini bersifat mengeringkan kulit, akibatnya kulit menjadi kering saat kondisi pergantian musim kemarau.

Perlu diperhatikan, khususnya pada lansia, dimana kondisi kulit kadar minyaknya menurun dan berakibat kondisi kekeringan kulit bila memakai sabun antiseptik.

Kondisi kulit kering akan menyebkan gatal-gatal, dan bila digaruk, garukan tersebut akan memperparah kulit, sehingga menjadi luka atau terjadi peradangan.

Mayarakat banyak yang tidak tahan dengan rasa gatal dengan cara instan agar reda,  mengolesi minyak disekitar area gatal maupun menaburi bedak sebagai pereda gatal.

Penanggung jawab UKM, Kefarmasian dan Laboratorium Puskesmas Sembung  Kabupaten Tulungagung, dr Yustien Yusiana menghimbau, pada kondisi tersebut masyarakat lebih baik menghindari sabun antiseptik, karena akan menambah kekeringan pada kulit.

"Sebaiknya memakai sabun yang tinggi kadar pelembapnya, misalnya sabun bayi atau sabun dewasa berkadar tinggi pelembab," tuturnya.

Sabun pelembab tinggi, imbuh Yustien, akan melindungi permukaan kulit dari kekeringan sehingga kulit menjadi lembab, terjaga dan terhindar dari gatal2.

"Semakin kering semakin gatal, selain sabun, hand body apapun mereknya,  sangat bagus untuk menjaga kulit pada kondisi musim pancaroba," pungkasnya.  (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar