Ads

Jumat, 11 September 2020

September 11, 2020
Bupati H Sukiman (kiri) serahkan sertifikat ke warga

KORANPAGI.NET - Perhatian kepala daerah, Bupati H Sukiman terhadap warganya tentang hak kepemilikan tanah di Rohul cukup luar biasa, mengingat permasalahan tanah dimana-mana selalu terjadi. Melihat demikian, Bupati Sukiman bekerja sama dengan pihak BPN untuk mengeluarkan sertifikat tanah kepada warganya di Rohul.

Kali ini, H Sukiman menyerahkan 560 Persil atau Sertifikat ProgramTora kepada warga Desa Suka Damai, Kecamatan Tambusai Utara, penyerahan dilakukan di halaman kantor Desa, Kamis (10/09/2020) sore.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Sukiman beserta istri, Peni Herawati Sukiman, Staf Ahli Bupati, Assisten 1 Bisman, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kadis DPMPD Margono, Kadis PUPR Anton , Kadis Kesbangpol Musri, Kadis Koptransnaker Zulhenri dan Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Barikun, Kadis dukcapil Saiful bahri, Kadis Kominfo Yusmar,, DanRamil 0313/KPR/TBS, Camat Tambusai Utara Mastur, Kades Suka Damai Gunarin, Kepala Desa se-Kecamatan Tambusai Utara serta Elemen masyarakat lainnya.

Sertifikat yang sebelumnya sudah disiapkan terlebih dahulu oleh kantor Agraria Tata Ruang (ATR) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rokan Hulu, diserahkan Bupati Rohul secara Simbolis.

Bupati meminta kepada masyarakat, sertifikat yang telah memiliki legalitas kepemilikan lahan itu dijaga dan disimpan dengan baik-baik, karena sertifikat sangat sulit mengurusnya dan diberikan hanya satu kali.

"Sertifikat yang telah diterima agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan jangan digunakan kalau tidak produktif," sebutnya mengingatkan.

Kepala Desa Suka Damai, Gunarin mengucapkan, terima kasih kepada Bupati, Walaupun dalam rangkaian acara yang padat, namun masih bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Desa Suka Damai.

"Setiap daerah yang mendapat kunjungan pimpinannya adalah berkah, Ini terbukti dengan diterbitkannya sertifikat tanah untuk warga," sebut Gunarin.

Kepala Desa Suka Damai, Guntari (busana merah muda)
Beliau juga menyampaikan di hadapan para hadirin bahwa Desa Suka Damai memiliki 1.5 Hektar lahan yang saat ini sedang ditanami padi untuk ketahanan pangan masyarakat Desa Suka Damai.

"Kebutuhan beras masyarakat kami satu harinya mencapai 1 Ton, Untuk itu kami harap kepada Bupati agar membantu pengadaan lahan baru, Dan memberikan edukasi kepada masyarakat," pintanya dengan penuh harap.

Selain penyerahan sertifikat, Bupati juga menyerahkan KTP gratis yang merupakan kelanjutan dari Program Jemput Bola Kepala Desa Suka Damai dalam rangka mendukung Program Pemerintah untuk penertiban identitas diri bagi warga yang berdomisili di suatu daerah.

Program pembuatan Administrasi penduduk yang dilaksankan pada hari yang sama, di Kantor Desa Suka Damai ini mendapat antuisias warga, ini jelas terlihat dari jumlah warga yang hadir.

Sebagai mana disebutkan Gunarin, selain cepat dan gratis, warga juga tidak direpotkan jarak tempuh yang jauh untuk membuat KTP, KK, maupun Akte Kelahiran.

"Pada kesempatan ini, saya juga berterima kasih kepada Kadisdukcapil Rohul, karena telah membantu kegiatan Jemput Bola ini," tutup Gunarin. (Joh)

0 komentar:

Posting Komentar