Ads

Senin, 10 Agustus 2020

Agustus 10, 2020
Para tamu tampak hadir dalam acara HUT Nasional Veteran ke 56 Tahun

KORANPAGI.NET - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Nasional Veteran ke 56, di gelar acara Tasyakuran dilaksanakan di Aula kantor KBA Jalan Yos Sudarso 2, Kelurahan Karangwaru, Kecamatan  Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Senin (10/8/2020).

Mengawali kegiatan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kecamatan Kedungwaru, kemudian dilanjutkan dengan syukuran mengenang momen  berarti tepatnya tanggal 10 Agustus 2020 menjadi hari besar Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) disertai santunan kepada 15 anak yatim.

Mengusung tema "LVRI bersama pemerintah dan masyarakat bertekad melanjutkan pewarisan JSN-45 untuk menyukseskan pembangunan nasional di bidang Sumber Daya Manusia".

Santunan anak yatim

Legiun Veteran merupakan orang yang berjuang melawan penjajah mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan tergabung dalam tentara resmi Indonesia.

Ketua Legiun Veteran RI Cabang Tulungagung, Kapten Purnawirawan Suyoto, berharap para veteran tetap menjaga  kekompakan, bersatu dan mendukung NKRI.

"Selama ini veteran belum pernah merasakan bantuan dari  pemerintah daerah misalnya  bantuan sosial ( Bansos)  lantaran Pandemi Covid- 19. Para pejuang veteran ini sebagian hidup dalam kemiskinan".

Kesejahteraan veteran yang diberikan oleh negara berupa dana tunjangan dan dana kehormatan.

"Pahlawan Veteran sudah masuk dalam program BPJS. Yang kami harapkan dari pemerintah daerah saat ini yaitu aset-aset yang ada di kantor veteran harus segera  direhab atau direnovasi, pengajuan kami selama dua tahun lalu sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya. Mengingat kantor KBA ini sudah tak layak untuk ditempati, bangunannya sudah kropos, rapuh dan atapnya pada bocor," terang Suyoto.

Upacara HUT Veteran di Taman Makam Pahlawan, Tulungagung

Lebih lanjut Kepala Kantor Adminitrasi Veteran (Kaminvet) Kabupaten Tulungagung, Mayor Kav M Sutaji memberikan, dukungan dihari besar Nasional Veteran, mengharapkan pemerintah memberikan perhatian secara nyata kepada para pejuang Veteran untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Dukungan kita meberikan sesuai dengan tugas pokok yaitu menyelenggarakan adminitrasi veteran mulai dari sebelum mereka jadi veteran dan sampai jadi veteran, lalu  mengurus janda veteran termasuk anak yatim," tandasnya.

"Kesejahteraaan untuk veteran dapat kita urus asalkan itu memenuhi syarat. Kehiduan mereka rata-rata memang  kurang mampu, dan para pejuang veteran pantas dihargai karena ikut melahirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945," jelas M Sutaji.

Jumlah pejuang Legiun Veteran RI (LVRI)  yang tersebar di Tulungagung sekitar 170 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kaminvet Tulungagung, Danramil 0807/01 Tulungagung, HIPAKAD, FKPPI, PERIP, PIVERI dan WARAKAWURI. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar