Ads

Senin, 06 Juli 2020

Juli 06, 2020
Kepala BPBD Kabupaten Tulungagung, Suroto

KORANPAGI.NET - Suhu udara sekarang ini dirasakan dingin dan ekstrim. Udara yang dingin atau biasa orang Jawa menyebutnya 'Bediding' menandakan masuknya musim pancaroba, pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau, Senin (6//7/2020).

Pancaroba memang sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, khususnya imunitas. Penyakit lain yang bisa muncul akibat udara dingin adalah kulit menjadi kering. Suhu dingin mencapai 28 derajat celsius sangat dirasakan apalagi pada malam hari. 

Apabila masyarakat tidak bisa menjaga kondisi tubuh, mereka bisa rawan terkena penyakit seperti flu. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung, Suroto, meminta masyarakat untuk tetap waspada datangnya pancaroba. Adanya hujan singkat terkadang bisa terjadi.

Masyarakat  dianjurkan menjaga kesehatan, pasalnya cuaca dingin tidak bersahabat serta beragam penyakit ini mudah menyerang. Jadi harus rutin berolah raga dan mengkonsumsi makanan bergizi.

"Udara dingin (bediding) saat ini dapat membuat sistem imun tubuh menurun. Jangan lupa mencukupi kebutuhan cairan untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, saat pancaroba dengan suhu sangat dingin, penyakit yang dikeluhkan dan disertai alergi seperti mudah terserang sakit kepala, pilek, serangan jantung, asma dan depresi," terang Suroto. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar