Ads

Rabu, 22 Juli 2020

Juli 22, 2020
Pemilik Kios Bunga Krisna Flower Yongki

KORANPAGI.NET - Beragam tanaman hias dengan harga 1500 rupiah sampai puluhan juta bisa didapatkan di Kios Bunga Krisna Flower Yongki yang berada di Dusun Mulyosari, Desa Bulusari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. 600 jenis tanaman hias bisa ditemui di kios tersebut, Rabu (22/7/2020).

Beberapa tanaman hias yang sedang booming belakangan ini seperti jenis Janda Dolong (Monstera) dan Lidah Mertua yang paling dicari, dikenal sebagai tanaman eksklusif. 

Tanaman hias Monstera juga punya kelebihan, bentuknya yang unik dan bagus  menjadi pajangan di rumah nampak elegan dalam ruangan serta bisa menambah stok oksigen di ruangan.

Seiring melonjaknya peminat, bisnis tanaman hias ini ikut menjamur di Kabupaten Tulungagung. Peminat Monstera pun kian meningkat, hal itu dirasakan oleh pembisnis tanaman hias. 

Salah satu tanaman populer yang lagi naik daun adalah Janda bolong alias Monstera Afansonii Variagated. Harganya juga bervariatif tergantung dari ukuran dan keindahannya yakni antara Rp 10 ribu hingga Rp 400 ribu, Lidah Mertua alias Sansevieria ditawarkan Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu, Syngonium Pink Splash ditawarkan Rp 350 ribu, Syngonium Viriegata Kuning ditawarkan Rp 450, Melanno ditawarkan Rp 80 ribu, Philodendrom Verocosum ditawarkan Rp 600 ribu, Philodendrom Burlemark ditawarkan Rp 200 ribu, dan tanaman yang ditawarkan cukup mahal adalah Monstera  Deliciosa Variegata dengan kisaran harga mencapai Rp 20 juta. 

Pemilik kios Krisna Flower Yongki mengatakan, jelang New Normal pilihan tanaman hias laris diburu pembeli sebagai penghias rumah maupun pedagang untuk dijual lagi. Dalam sehari 100 polibek Janda Bolong ludes terjual. 

"Mereka yang datang utamanya ibu-ibu mencari bunga yang murah, sedangkan para kolektor mencari tanaman yang agak mahalan. Banyak konsumen berminat  membeli tanaman hias varian Monstera, akan tetapi tidak sesuai dengan harga," jelasnya.

Membudidayakan tanaman hias, sambungnya kepada awak media ini, di pekarangan rumahnya meliputi pemilihan tanaman hias yang hendak dibudidayakan dengan baik dan benar akan membuat tanaman menjadi subur, tanaman hias menjadi mata pencaharian yang menghasilkan keuntungan. 

Indah Wahyuni

Salah seorang, pecinta tanaman hias, Indah Wahyuni memaparkan, meskipun mahal harganya, keinginannya untuk mengoleksi bunga dirumah membuat dirinya puas, lantaran tanaman ini untuk mempercantik ruangan dan juga kaya manfaat dalam kehidupan.

"Mengoleksi bunga memang hobi saya,  meskipun tidak banyak setidaknya bunga- bunga mana saya sukai pasyi saya beli,   tanaman yang dikemas di dalam pot memang mudah perawatannya, ada bunga Lidah Mertua, Bambu Hoki, Aglonema, Bunga Kepiting dan Anggrek, bagi saya memiliki nilai estetika," ucap Indah Wahyuni. 

Menanam tanaman hias di pekarangan  rumah ataupun di pot bunga membuat suasana rumah menjadi sejuk dan nyaman, banyak manfaat yang dirasakan diantarnya mengurangi kebisingan, menjaga kelembaban ruangan, rumah menjadi lebih menarik, mengurangi stress dan mempertahankan suhu lebih rendah. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar