Ads

Selasa, 30 Juni 2020

Juni 30, 2020
Praktisi Pendidikan dan Pengelola program pusat Informasi AIDS M Ali Hmdan Mabrur (kanan) saat koordinasi di KPA

KORANPAGI.NET - Setiap pasangan tentunya mempunyai cara tersendiri dalam menciptakan keharmonisan rumah tangga, khususnya bahtera cinta (hubungan suami istri) menjadi sebuah kebutuhan yang harus terpenuhi bagi setiap pasangan, Selasa (30/6/2020).

Dalam masa pandemi Covid-19 banyak sekali aktifitas yang dibatasi, dengan cara menjaga jarak dan dihimbau untuk melakukan aktifitas di rumah saja (Stay at Home). Situasi demikian tentunya membuat frekuensi kehidupan seks di rumah dengan pasangan akan semakin intens dibanding sebelumnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa potensi penularan virus HIV dan AIDS serta IMS bagi pasangan yang tergolong beresiko mudah terjadi. 

Maka dari itu, pasangan harus memahami berbagai strategi yang tepat dan aman agar virus tersebut bisa terhindar dalam hubungan intim. 

Salah satu Praktisi Pendidikan dan Pengelola Program Pusat Informasi AIDS daerah KPA Tulungagung, M Ali Hamdan Mabrur, M.Pd.I, Menceritakan, dalam masa pandemi Covid-19 di mungkinkan akan berpengaruh pada intensitas hubungan intim di setiap pasangan, mengingat banyak sekali aktifitas luar yang dibatasi sehingga dapat dilakukan di rumah. Namun setiap pasangan harus tahu hubungan seksual itu harus aman dari virus dan dengan cara yang sehat, diantaranya bisa menggunakan alat kontrasepsi (kondom), sekaligus mengerti jenis-jenisnya supaya bisa menikmati sensasinya.

"Menggunakan alat kontrasepsi merupakan cara pencegahan virus. Sebelumnya, dalam memakai alat kontrasepsi kondom harus diperhatikan tanggal kadaluarsa dan mengerti cara pemakaiannya dengan baik dan benar," ungkap M Ali Hamdan Mabrur. 

Untuk menjaga kesehatan seksual dengan menggunakan alat kontrasepsi kondom merupakan pilihan yang tepat, agar tidak terjadi penularan virus HIV dan AIDS serta infeksi menular seksual (IMS), apa lagi di masa pandemi ini.

Tidak banyak yang tahu bahwa alat kontrasepsi banyak sekali jenisnya, diantaranya sensasi panas dingin, jenis bergerigi, jenis beraroma dan bertekstur.

Memlih alat kontrasepsi kondom sebaiknya disepakati terlebih dahulu bersama pasangannya, dengan tujuan agar bisa sama-sama menikmati sensasinya.

Alat Kontrasepsi Kondom menjadi alat KB yang sehat dan tidak berefek pada kesehatan.

Sebagian masyarakat, sambung M Ali, yang menggunakan alat kontrasepsi sebagai KB adalah aman dan sehat. Selain itu dalam masa pandemi Covid-19, Pemerintah melalui BKKBN mengeluarkan himbauan agar setiap pasangan menggunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, mengingat di masa pandemi Covid-19 perempuan saat kehamilan memiliki sistem imun yang rentan, sehingga bisa menambah potensi penularan Covid-19. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar