Ads

Senin, 09 Maret 2020

Maret 09, 2020
Kadispenduk, Justi menunjukkan bukti kerja sama (MoU)

KORANPAGI.NET
- Dinas Kependudukan  dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulungagung bekerja sama dengan Pengadilan Negeri (PN) Tulungagung, memberikan pelayanan gratis pada masyarakat, pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA), Senin ( 9/3/2020).

Tahun 2020 ini sudah terjadi nota kesepakatan (MoU) antara Bupati dengan  Ormas, Nu serta Muslimat dan ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerjasama (PKS). Kerjasama ini bermanfaat bagi anak, serta program ini merupakan  evaluasi yang matang. Dukcapil Tulungagung sudah menerbitkan sebanyak  57 ribu KIA. 

Antrian di kantor Dispenduk Tulungagung

KIA diterbitkan untuk anak usia  0 sampai 5 tahun tanpa foto, dan anak  usia 5 sampai 17 tahun disertai foto berukuran 2 kali 3.  Pembuatan KIA, Syarat yang harus dipenuhi orang tua yaitu foto copi akte kelahiran (menunjukkan akte asli), yaitu foto copi akta kelahiran (asli), KK orang tua  dan KTP orang tua.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Justi Taufik menjelaskan, adanya MoU tersebut, masyarakat tidak usah berbondong-bondong lagi, karena sudah dikoordinir oleh NU dan muslimat. Jadi tidak membebani pelayanan orang tertentu. Cukup datang membawa syarat  yang sudah dipenuhi lalu kumpulkan.

"KIA memiliki kegunaan yang sama dengan KTP, menurutnya penerbitan KIA ini sebagai bukti identitas diri, tujuannnya  dapat melindungi pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga mencegah terjadinya perdagangan anak, selain itu KIA juga berguna untuk memudahkan anak untuk mendapatkan  pelayanan publik di bidang kesehatan," terang Justi Taufik. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar