Ads

Rabu, 23 Oktober 2019

Oktober 23, 2019
KORANPAGI.NET - Senam bagi orang yang sudah lanjut usia (Lansia) merupakan salah satu pilihan olah raga tepat, karena gerakannya mudah diikuti dan tidak menyulitkan para lansia untuk bergerak, umumnya senam lansia ini memiliki gerakan lambat. Di Desa Segawe, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, ada sekitar 60 warga lansia yang rutin ikut senam setiap hari Selasa yang difasilitasi oleh Klinik Karunia Sehat di desa setempat, Rabu ( 23/10/2019).

Warga Segawe asik mengikuti instrukrur senam lansia

Bagi yang sudah lanjut usia di atas 50 tahun, dilakukannya senam ini bertujuan untuk menjaga kekuatan otot dan tulang, mencegah tulang keropos, mengurangi risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan daya ingat, penyakit jantung dan diabetes. Baik laki-laki atau perempuan bisa melakukan senam lansia.

Instruktur senam lansia, Esty Narutami mengatakan, senam lansia yang diajarkan sudah mencakup pemanasan, gerakan inti,  dan pendinginan. Dengan iringan musik daerah bernuansa menyenangkan dan energik membuat ibu-ibu lansia semangat bergerak sembari mereka menyanyi.

"Lagu-lagu yang saya putarkan seperti  senam tera, senam Diabetes Miletius (DM),  senam rekreasi dan senam maumere,  menurutnya gerakan disesuaikan dengan kemampuan lansia yang secara fisik mereka terkadang kehilangan keseimbangan. Selain itu di tempat klinik ini setiap bulan dilakukan pemeriksaan kesehatan," terang Esty Narutami. 

Peserta senam lansia

Lebih lanjut, mbah Yati (74), mengaku senang dan sudah lama ikut senam lansia di tempat klinik yang dimiliki bidan desa. "Saya joget-joget saja mengikuti pelatih senam, musiknya enak jadi saya semangat, Alhamdulilah selama ikut senam, keju (sakit) linu saya sembuh," ungkap Mbah Yati. 

Kesadaran para lanjut usia untuk sehat dan bugar semakin meningkat. Hal tersebut terbukti hampir seluruh desa di Kabupaten Tulungagung banyak lansia aktif mengikuti olah raga senam lansia. Senam tersebut bisa menjadi salah satu cara bagi para lanjut usia untuk menggerakkan tubuhnya.  Orang tua yang lanjut usia terbukti lebih sehat dan memiliki resiko lebih kecil terhadap penyakit kronis. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar