Ads

Selasa, 08 Oktober 2019

Oktober 08, 2019

KORANPAGI.NET - Sanggar Budaya Batak dengan nama "Si Bunga Jambu" ini didirikan dengan tujuan pelestarian budaya bangsa di Tanah Melayu alias Batam.

Sanggar Budaya tersebut didirikan oleh Anggiat Situmorang pada 19 September 2019, tepatnya berlokasi di Perumahan Naga Jaya Blok C1 Nomor 4 Batu Aji, Batam.


Anggiat selaku pendiri sanggar memaparkan, bahwa untuk melestarikan budaya bangsa maka perlu adanya suatu wadah untuk menggali, mempelajari seni budaya yang ada untuk dapat ditampilkan ke ruang publik sehingga generasi muda dapat melihat dan memahami budaya bangsa yang di dalamnya sarat dengan makna luhur yang membentuk kepribadian yang tangguh sebagai bangsa yang beradab dan bermartabat tinggi.

"Untuk merealisasikan maksud tersebut, maka kami dirikan sebuah sanggar sebagai wadah untuk melatih generasi muda terutama dalam seni budaya tari, musik dan seni peran," ungkap Anggiat.


Adapun pengertian 'Si Bunga Jambu' adalah bahwa 'Si Bunga Jambu' adalah salah satu judul Tortor atau Repertoar Gondang. Makna filosofisnya adalah Tortor ini menggambarkan seorang wanita dewasa yang sudah siap untuk dinikahi dan dibuahi hingga kelak melahirkan generasi penerus yang melestarikan generasi.


Sehingga, dengan adanya sanggar seni Si Bunga Jambu ini, diharapkan melahirkan generasi penerus untuk melestarikan budaya bangsa yang sudah ada sejak dulunya. (Jonrius S)

0 komentar:

Posting Komentar