Ads

Selasa, 28 Mei 2019

Mei 28, 2019
KORANPAGI.NET - Untuk menyempurnakan ibadah bulan suci Ramadhan 1440 H/2019, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tulungagung, mendistribusikan zakat fitrah yang sudah terkumpul dari umat ke seluruh area di Kabupaten dengan menggunakan 4 armada truk untuk di salurkan di 19 kecamatan Kabupaten Tulungagung. Distribusi zakat fitrah di berangkatkan oleh Kepala Bidang  Kesejahteraan rakyat Pemkab Tulungagung Drs Suyadi MM, dari halaman kantor Baznas  jalan Mayor Sujadi Kelurahan Jepun Kecamatan Tulungagung, Selasa (28/5/2019).


Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung Drs H Muhammad Fathurrouf, M, Pdi di sela kegiatan mengatakan,"Selama bulan suci ramadhan ada dua tahapan penyaluran zakat fitrah, tahapan pertama didroping melalui relawan kecamatan, perkecamatan menerima bantuan zakat fitra berupa beras 1 ton 250 kilogram.

"Tahapan ke dua melalui UPZ  seperti mushola dan masjid, karena mereka adalah bagian dari Baznas, dan selanjutnya mendekati lebaran Baznas memberikan bantuan pada para tukang becak di Tulungagung. Yang jelas untuk zakat fitrah tahun ini menurun di banding tahun kemarin, alasannya karena terkendala surat menyurat dan mendekati tanggal merah," terang Gus Rouf ketua Baznas.


Lebih lanjut di jelaskan oleh Kepala Bagian Kesra Pemkab  Kabupaten Tulungagung Drs Suyadi MM,"Selama ini Pemkab Tulungagung dan Kementrian Agama Kabupsten Tulungagung  adalah sebagai pembina Baznas, sumber Baznas Kabupaten Tulungagung  yang mayoritas berasal dari pemkab dan kementrian agama. Zakat  Kita tau untuk pegawai negri di lingkup kemenag hampir 99 sekian persen tidak ada kendala, sedangkan pemkab sendiri karena regulasinya belum ada sehingga  masih 50 persen belum ada kesadaran membayar zakat profesi, seperti yang di sampaikan oleh kepala kementrian agama. Pada tanggal muda ini bertepatan dengan gajian  belum masuk bulan ramadhan, maka  pemasukan  tahun ini berkurang. Zakat dari ASN  lingkup pemkab Tulungagung" jelas Suyadi.


Kegiatan pembagian beras zakat fitrah  turut mrmbantu meningkatkan kesejahteraan bagi warga  masyarakat Kabupaten Tulungagung. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar