Ads

Kamis, 02 Mei 2019

Mei 02, 2019
KORANPAGI.NET - Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar inspeksi ke beberapa supermarket wilayah kota di Kabupaten Tulungagung menjelang bulan suci. Kegiatan tersebut sebagai pengamanan makanan dengan aktifitas ekonomi tinggi, khususnya terkait keresahan masyarakat akan beredarnya makanan coklat yang disinyalir mengandung racun, Kamis (2/5/2019).

Masduki saat sidak di salah satu swalayan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, Drs Mastur, melalui kepala bidang Farmasi, Masduki SE, M Kes, mengatakan,"Saya menghimbau masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dan berhati-hati, ingat.."CEK KLIK" sebelum mengonsumsi makanan. Yang pertama adalah baca label kemasan atau informasi pengguna, kemudian pastikan ada ijin edarnya dan belum kadaluwarsa," katanya.

Masduki menambahkan,"Untuk kasus Mermaid penyebab utama keracunan  sampai menyebapkan kematian masih proses uji laboratorium di BPOM Semarang, tapi kemungkinan penyebabnya karena produk tersebut tercemar patogen atau bakteri," lanjutnya.

Ada beberapa faktor di antaranya proses pembuatan, cara produksi yang tidak baik seperti lingkungan, bahan baku, peralatan, proses pengolahan serta penjamah pangan sampai packing. Upaya tersebut agar tidak terjadi pencemaran. (Gusty Ind)

0 komentar:

Posting Komentar