Ads

Selasa, 23 April 2019

April 23, 2019
KORANPAGI.NET - Sebanyak 239 Desa dari 19 Kecamatan di Kabupaten Tulungagung, tanggal 9 Juli 2019 mendatang akan menyelengarakan pilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Sebelum di laksanakan, bagian Pemerintahan Kabupaten Tulungagung terlebih mengundang Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sekabupaten Tulungagung.  Sebelum pemungutan suara menjelang pilkades, digelarlah acara istiqosah dan deklarasi pilkades damai di pendopo, Selasa (23/4/2019).


Kepala Bagian Pemerintahan, Usmalik, melalui Kasubag aparatur pemerintah desa, Yudi Irwanto mengatakan,"Saya akan menyiapkan jadwal kerja untuk kepanitiaan peserta, karena penyelenggara pilkades serentak adalah  Bupati. Saya juga menyiapkan buku pedoman pilkades. Perlu di sampaikan juga bahwa kita akan ada pendampingan panitia pilkades dengan E-pelaporan pilkades berbasis aplikasi yang bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang," papar Yudi.

Materi yang akan di bahas adalah tahapan pilkades yang di biayai dari APBD Kabupaten Tulungagung di antaranya, mekanisme pembentukan  panitia, mekanisme pendaftaran calon, mekanisme penetapan calon, mekanisme pebdataan pemikih, mekanisme kampanye, mekanisne pemungutan suara, di lanjutkan penetapan calon serta pelantikan.

Kepala Desa Tanjung  Kecamatan Kalidawir, Drs Machmud menjelaskan jika dirinya saat ini masih santai dan bekerja seperti biasa,"Barusan saya mengantar salah satu warga saya yang sakit ke rumah sakit, untuk persiapan menjelang pilkades yang akan datang saat ini yang saya tetap melakukan pendekatan dengan masyarakat melalui pelayanan. Saya senang membantu dan menerima aspirasi masyarakat desa, mengutamakan pembangunan desa, pertanian, dan kesehatan, jika nantinya saya masih dipercaya masyarakat Desa Tanjung, tetap saya perjuangkan, karena itu adalah amanah," tutupnya. (Gusty Ind)

0 komentar:

Posting Komentar