Ads

Senin, 18 Maret 2019

Maret 18, 2019
KORANPAGI.NET - Upaya-upaya dalam memperjuangkan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan terus berlangsung, seperti halnya di Kota Surabaya, gabungan dari beberapa komunitas pecinta hewan, khususnya pada hewan peliharaan anjing, bersama dengan pemerintah dan fakultas kedokteran hewan di Surabaya, bersinergi menggelar acara yang bertajuk Mongrel Show yang diselenggarakan dikawasan Perumahan Pantai Mentari Surabaya pada Minggu (17/3/2019) kemarin.


"Acara ini pertama kali diadakan di Indonesia, karena dog show yang selama ini hanya diadakan untuk anjing ras, kali ini tidak, bahwa anjing mongrel pun dapat menunjukkan kebolehan dalam dog show," pungkas Ketua Indonesia Canine Lovers yang juga ketua panitia penyelenggara, Budinata.

Di Indonesia keberadaan anjing mongrel kerap sekali dipandang sebelah mata, anjing mongrel banyak sekali yang ditelantarkan dan bahkan tidak sedikit anjing mongrel liar yang nasibnya begitu mengenaskan.

Pak Gagat, perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya memberi apreasiasi terhadap kegiatan tersebut."Ini merupakan langkah yang baik untuk dapat memperjuangkan prinsip kesejahteraan hewan yang kali ini menyoroti pada hewan peliharaan anjing dan terkait isu peredaran daging anjing yang sudah jelas anjing bukanlah produk pangan, sudah seharusnya kita bersama-sama untuk melaksanakannya," tutur Gagat pada sambutannya.


Begitu pula dengan apa yang disampaikan oleh Ketua dari Gerakan Anti Kekerasan Hewan Domestik Indonesia, Liza Pieterz, yang hadir pada acara tersebut. Ia menghimbau, kesejahteraan hewan ada ditangan kita, karena jika bukan kita siapa lagi.

"Kami berharap agar dapat bersama-sama membangun karakter bangsa ini melalui jalur peduli terhadap hewan, dan tidak berhenti pada acara ini saja, karena diharapkan Kota Surabaya menjadi percontohan yang baik untuk daerah-daerah lainnya," kata Liza.

Dalam acara ini pun berlangsung juga vaksin rabies pada anjing dan kastrasi khusus pada anjing jantan. Dengan diberikan vaksin rabies secara gratis, bertujuan untuk mempertahankan Propinsi Jawa Timur khususnya Kota Surabaya tetap bebas dari rabies serta sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya pencegahan populasi anjing liar.

Para dokter hewan yang dibantu oleh calon dokter hewan dari Mahasiswa Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya dan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya turut berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksis rabies dan kastrasi ini.


Dalam acara tersebut, pengunjung dan peserta juga dihibur dengan suguhan-suguhan lainnya seperti fun walk, dog talent dan agility open show yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari.

"Terima kasih pihak Pantai Mentari yang telah memberi dukungan dan tempatnya, juga kepada Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, GAKHDI, Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR, Fakultas Kedokteran Hewan UWK, PDHI, Surabaya Save Paws, Indonesia Cinta Satwa, Raja Petshop, Surabaya Animal Care Community dan semua pihak yang turut mendukung acara ini sehingga berjalan dengan baik, saya sampaikan terima kasih," ujar Humas Indonesia Canine Lovers, Oendang, di akhir acara. (Why/Snd)

0 komentar:

Posting Komentar