Ads

Kamis, 28 Maret 2019

Maret 28, 2019
1
KORANPAGI.NET - Dengan mengayuh sepeda tua, Suparti (47), rajin berkeliling menjajakan dagangannya seperti getuk, gatot, grontol, tiwul, buah dan masih banyak lagi jajanan yang dijajakannya. Setiap harinya, ia berkeliling menempuh jarak kurang lebih 15 kilometer menuju kota, yang dituju yaitu sekolahan-sekolahan, pemkab dan dinas-dinas atau instansi, Kamis (28/3/2019).


Saat Koran Pagi mendatangi rumahnya di Dusun Cluok, Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang, Suparti sedang sibuk membungkus jajanan yang di bantu oleh suaminya, Waras Sakuri. Suparti berangkat jam 09.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, kemudian langsung belanja untuk dimasak esok harinya pukul 03.00 WIB pagi.

"Saya sudah 16 tahun berjualan keliling dari dusun, sekolahan, kantor-kantor dinas. Alhamdulillah banyak yang beli sampai habis, dengan jualan keliling jadi banyak kenalan dan pesanan," tutur Suparti.

Ibu tiga anak tersebut mengaku masih ingin berjualan keliling, demi menghidupi keluarga. Dari penghasilannya ia bisa membesarkan anak pertamanya, sekarang bekerja menjadi TKW, yang ke dua masih kuliah sambil bekerja di sebuah sekolah negeri dan yang ke tiga masih duduk di bangku SMP. Rencananya, dalam waktu tiga tahun lagi, Suparti dan suaminya akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji.


Sebelum berangkat, sang suami selalu menata bungkusan jajanan di dalam kranjang plastik yang biasa ditaruh di belakang sepeda.

Tukirin (52), tetangga dekat rumah sekaligus pelanggan Suparti mengatakan,"Saya biasa beli gatot dan tiwul, harganya murah meriah, makanya kalau banyak yang memborong cepat habis. Bu Parti orangnya baik, sabar, di lingkungan juga sering membantu. Hasil dari berjualan dia tabung, Alhamdulilah beberapa tahun kedepan bisa pergi haji," ucap Tukirin.

Sebungkus gatot tiwul, ia jual dari Rp 1000 sampai Rp 3000. Dengan bermodal tekad, kesabaran dan keyakinannya bahwa rezeki tidak akan tertukar, Suparti mampu meraup uang sampai Rp 450 ribu. (Gusty Ind)

1 komentar:

  1. Au tersentuh buk ...... tetersan keringat ibuk bisa jd berkah n bisa terwujud cita" ibuk dari dulu.... dari jualan itu ibuk bisa berangkat haji insakalloh kela au bisa disampingmu disaat ibuk mau naik haji amin

    BalasHapus