Ads

Selasa, 14 Juli 2020

Juli 14, 2020
Bangunan peninggalan Belanda di Tulungagung

KORANPAGI.NET - Kecamatan Sendang banyak memiliki potensi wisata yang layak untuk dikunjungi. Salah satu rekomendasi yang perlu dilestarikan adalah tempat wisata dengan keindahan bangunan kuno bergaya arsitektur kolonial yang dikelilingi perkebunan teh, merupakan Heritage (warisan) sejarah peninggalan jaman Belanda, berada di Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung, Selasa (14/7/2020).

Wisata populer ini menjadikan pusat perhatian masyarakat Kecamatan Sendang, diantaranya akses wisata strobery, air terjun, situs candi dan peternakan susu sapi. Revitalisasinya akan membawa daya tarik bagi para wisatawan.

Bangunan tua peninggalan Belanda

Bangunan kokoh serta tembok yang tinggi dengan warna kusam tak terawat ini tidak menutup kemungkinan bangunan bila dikelola akan menjadi daya tarik wisatawan bahkan ikon di Kabupaten Tulungagung. 

Danramil 0807/17 Sendang, Kapten Deni Irwanto, optimis mengangkat wisata kearifan lokal dengan penguatan budaya di wilayahnya. Sebuah keragaman dan tantangan pariwasata di Kecamatan Sendang akan menjadi penyokong wisata yang sudah ada. 

"Saya tertarik dengan kekuatan struktur  bangunan luas dengan pilar-pilar yang dibuat oleh Belanda, yang jelas bangunan ini dibangun jauh sebelum Indonesia merdeka,  karena sampai sekarang bangunan ini masih berdiri kuat dan kokoh," katanya.

"Hal itu menandakan bahwa dulunya di Sendang ada orang-orang Belanda yang mengelola pabrik dan perkebunan disini.  Apabila nanti bangunan tua bekas pabrik teh ini terawat, dapat menjadi obyek wisata  Heritage seperti halnya kota tua di Jakarta, serta dapat meningkatkan PAD," jelas Kapten Deni Irwanto. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar