Ads

Jumat, 17 Juli 2020

Juli 17, 2020
1
Peltu Dwi Priyanto (kanan) bersama pengurus Gampil Dusun Bancaan, Ikhsan Fauwzi saat berada di Jembatan Nyambung Tresno Desa Mojosari

KORANPAGI.NET - Wisata destinasi Jembatan 'Nyambung  Tresno' di atas sungai Jorumpuk Indah (Join) yang terletak di area persawahan, Dusun Bancaan, Desa Mojosari, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, mengekspos keindahan alami pedesaan, Jumat (17/7/2020).

Pembangunan salah satu wisata budaya  dipersawahan, awal mulanya diprakarsai oleh kelompok Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan (Gampil) Desa Mojosari. Dikelola secara swadaya dan kesepakatan bersama, kini berhasil mengubah konsep hamparan sawah menjadi destinasi wisata baru.
 
Jembatan Nyambung Tresno ini penampilannya begitu menarik. Didukung dengan berbagai fasilitas yang tersedia di area persawahan yang dikhususkan bagi pasangan muda mudi untuk dapat berburu spot foto. Sedangkan smSungai Jorumpuk Indah, bisa dimanfaatkan bagi orang yang hobi mancing. 

Babinsa Koramil 0807/13 Kauman, Peltu Dwi Priyanto, mengapresiasi warga Dusun Bancaan untuk menghidupkan semangat gotong royong membangun objek wisata unggulan ini sebagai penunjang perekonomian bagi warga desa.

"Akses jalan mudah, tidak menyurutkan para pengunjung utamanya para pecinta sepeda wisata atau Gowes bisa beristirahat  menghilangkan kepenatan," jelas Peltu Dwi Priyanto. 

Untuk menambah daya tarik wisata,  kelompok peduli lingkungan akan membangun wahana baru yaitu Menara Empang di sekitar persawahan. Pemandangan menantang ini bagus dikunjungi pagi hari maupun sore hari. Udara sejuk persawahan yang terbentang luas seakan menambah ketenangan bagi pengunjungnya.

Pengurus kelompok gerakan masyarakat peduli lingkungan (Gampil) Dusun Bancaan RT 04 RW 01, Ikhsan Fauwzi, mengaku senang dengan adanya Jembatan Jorumpuk sebagai Jembatan Nyambung Tresno bagi warga Dusun Bancaan sebagai akses jalan menuju persawahan. Karena ditempat tersebut mayoritas masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani.

"Sekarang mereka menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan  sehat. Kesadaran masyarakat itu kunci utama. Dengan berdirinya wisata di Desa kami, semoga  ibu- ibu disekitar sini bisa menunjang perekonomian. Kedepannya disekitar persawahan kelompok peduli lingkungan bertahap akan membangun  temat kuliner sedererhana khas Desa Mojosari," tutp Ikhsan Fauwzi. (Gusty Indh)

1 komentar:

  1. Smg menjadi tempat wisata baru yg di sukai banyak orang,,dan bisa menambah income warga sekitar,,

    BalasHapus