Ads

Rabu, 18 Maret 2020

Maret 18, 2020
5
Warga Dusun Wajak membawa Tetek Molek

KORANPAGI.NET
- Dusun Wajak RT 5 RW 2, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, mengadakan ritual tolak balak (penangkal), dengan memasang topeng 'Tetek Molek' di setiap rumah warga. Topeng yang terbuat dari pelepah kelapa ini diyakini bisa mengusir wabah Virus Corona (Covid 19), Rabu (18/3/2020).

Sebelum membuat topeng tetek molek,  warga harus melakukan ritual dengan cara mengambil air wudhu terlebih dahulu lalu mengecat pelepah kelapa (bongkok) dengan melukis wajah sebelum dipasang di rumah.

Seluruh topeng yang sudah jadi dikumpulkan, kemudian dibacakan mantra pengusir wabah penyakit (pageblok) yang dipimpin sesepuh lingkungan Dusun Wajak, agar warga desa terhindar dari penyakit, akibat wabah Virus Corona. Tradisi ini ternyata sudah ada sejak tahun 70 an. 

Salah satu warga RT 5 RW 2 Dusun Wajak,  Sringatun (60), kami meyakini dengan memasang topeng tetek mewek di depan rumah, bisa mengusir (menolak) Virus Corona dari desa kami.

"Kami diberi keselamatan dan kesehatan, jangan ada yang kena Corona," terang Sringatun.

Tetek Molek

Lebih lanjut, Yasmini (65), mengakui dirinya dan saudara lain merasa ketakutan adanya wabah Virus Corona yang mematikan. Dirinya tidak berani bekerja bahkan keluar rumah.

"Saya takut dengar berita kalau virus itu bisa membunuh, ya lebih baik saya diam dirumah. Ini saya juga memasang tetek molek terbuat dari pelepah kelapa biar Virus Corona tidak masuk ke warga sini," tutur Yasmini.

Topeng yang dibuat warga Dusun Wajak ini tidak sembarangan, adat (tradisi) membuat topeng tidak memakai kayu, melainkan harus dari pelepah kelapa. Visual topeng tetek molek dari Dusun Wajak ini sangat kental dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa pada masa itu. Dan dibalik unsur rupa pada topeng tetek molek terdapat makna adanya peristiwa pagebluk yang terjadi. (Gusty Indh)

5 komentar: