Ads

Senin, 23 September 2019

September 23, 2019
1
KORANPAGI.NET - Kartu Identitas Anak (KIA), adalah cara efektif untuk dibawa, dibandingkan akte kelahiran. KIA atau KTP anak adalah program terbaru dari pemerintah. KIA  berlaku secara nasional sesuai peraturan Kementrian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2016. Disdukcapil Kabupaten Tulungagung mengimbau Orang tua yang memiliki anak hendaknya mengurus kepemilikan KIA, karena kartu tersebut penting untuk identitas dan keuntungan lain serta pengurusan dilakukan secara gratis, Senin (23/9/2019).

Kadisdukcapil Tulungagung, Justi Taufik

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Tulungagung, Justi Taufik mengatakan, orang berpergian mengajak anak tidak perlu membawa buku nikah atau akte kelahiran.

"Cukup dengan Kartu Identitas Anak, tujuannya  untuk melatih anak jadi mandiri. KIA diperuntukkan bagi anak usia 0 sampai 17 tahun. Sudah 250 orang telah mengurus KIA dan sudah banyak peningkatan," terang Justi Taufik.

KIA diterbitkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak. Kartu identitas anak ini ada dua jenis yakni untuk anak usia 0-5 tahun dan anak usia 5 sampai 17 tahun. (Gusty Indh)

1 komentar: