Ads

Senin, 16 September 2019

September 16, 2019
KORANPAGI.NET - Pemilihan ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) periode 2019-2024 pada Oktober 2019 akan segera dilaksanakan. Perlu di ketahui, pemilihan ketua AKD yang baru ini adalah menggantikan ketua AKD sebelumnya yaitu Agus Suharto, mantan Kepala Desa Sidomulyo, Kecamatan Gondang. Sementara ini, AKD diketuai oleh kepala Desa Sidorejo, Kecamatan Kauman, Senin (20/9/2019).

Ketua AKD sementara Kabupaten Tulungagung, Danang Catur Budi Utomo, ST, M.Si.

AKD merupakan wadah atau rumah aspirasi sebagai sarana untuk menampung sebagai bentuk masukan dan saran dalam rangka peningkatan pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat pedesaan.

Ketua AKD sementara Kabupaten Tulungagung, Danang Catur Budi Utomo, ST, M.Si, menyampaikan, pemilihan ketua AKD akan digelar pertengahan Oktober atau di akhir Oktober tahun ini. Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Tulungagung, kejuaraan lomba Voly AKD Cup kepala desa sekecamatan Kabupaten Tulungagung juga akan segera digelar. Oleh karena itu tongkat estafet harus  dilakukan.

"Adanya kepemimpinan yang baru merupakan penyegaran organisasi, agar kedepannya organisasi lebih baik, lebih transaparan dan lebih mengedepankan kepentingan  kepala desa dan seluruh warga di desa masing-masing. Harapan saya mudah-mudahan AKD nantinya bisa membawa kemaslahatan untuk semuanya, dari lingkup AKD sendiri dan khususnya warga desa,"  terang Danang Catur Budi Utomo, St, M.Si.

Kepala desa yang sudah menjalankan tugasnya di desa, memiliki peningkatan  pendidikan dan SDM yang lebih baik, diantara kepala desa yang menjabat saat ini memiliki kredibilitas berbekal akademisi dan praktiksi hukum. 

Penetapan pemilihan ketua AKD dipilih transparan melalui voting. Seluruh kepala desa akan diundang untuk menentukan hak pilihnya. Pendaftaran pemilihan  ketua AKD 2019 dibuka untuk semua kepala desa  lama ataupun baru, kepengurusan baik Plt, sekretaris dibolehkan tanpa kriteria. Keterwakilan dari wilayah seluruh penjuru kabupaten Tulungagung, satu pilihan adalah satu suara. Kepala desa memiliki  hak dan kewajiban masing-masing bisa di pilih dan bisa memilih. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar