Ads

Rabu, 31 Juli 2019

Juli 31, 2019
KORANPAGI.NET - Untuk mewujdkan impian menjadi pengusaha sukses harus berawal dari sebuah proses panjang. Seperti yang dilakukan pengusaha muda asal Dusun Mulyosari RT 4 RW 1, Desa Bulusari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, ini sukses menciptakan usaha rak bunga, Selasa (30/7/2019).


Pengusaha muda ini adalah Yongki (31), awalnya ia hanya seorang penjual pot bunga. Namun tidak berhenti disitu, pria tamatan SMA tersebut memiliki ide bagaimana caranya supaya barang seperti besi bisa dikembangkan dalam bentuk usaha.

Akhirnya, Yongki terinspirasi dengan pot bunga yang ia jajakan setiap harinya. Dengan dibantu seorang pegawai, ia merancang material berbahan besi menjadi sebuah rak bunga. Dengan didesain cantik dan terkesan mewah, alhasil karyanya menuai banyak peminat.


Kini, usaha berbagai jenis tanaman bunga di rumahnya ramai pembeli,  pasangan Yongki dan Resti Kurniawati ini membuat tempat pot bunga sebagai aksesoris sekaligus rak bunga yang bisa dijadikan dekorasi untuk meningkatkan interior rumah.

"Saya dan istri punya ide bagaimana jika bunga dalam pot ini kita beri tambahan variasi sebagai pelengkap hiasan ruangan, kebetulan tetangga saya bisa mengelas sekaligus mengerjakan desain rangka rak bunga, saya beri contoh model rak variasi  untuk segala ukuran pot. Bisnis ini cuma modal Rp 5 juta, Alhamdulilah banyak yang tertarik dan memesan. Prinsip hidup dalam usaha rumahan saya ini adalah kunci dari kesuksesan itu jika memulainya dari sekarang, the key of succes is strat from now, from the little will you do now," papar Yongki.



Rak bunga dari besi ini memiliki bobot yang paling berat daripada bahan lainnya. Rak ini bisa menampung pot berukuran berapa saja, tergantung jenis raknya. Rak besi memiliki desain yang kuat dan kokoh. Rak besi juga memiliki berbagai ukiran unik seperti bentuk rak matahari, rak bunga, rak burung hantu, rak bulan, rak sepeda dan masih banyak lagi.  

Kebanyakan para pembeli  lebih memilih rak bermotif sepeda. Mengutamakan kepuasan pelanggan dan menciptakan pelanggan merupakan pelayanan yang utama. Banyak pembeli berdatangan dari Kabupaten Tulungagung maupun luar kabupaten.

Pemasaran rak bunga sendiri melalui online maupun offline. Dari hasil usaha rak dan bunga, ayah dua orang anak tersebut bisa  meraup omzet hingga Rp 40 juta perbulan.

Rumah yang sekarang menjadi wisata flower shelf, karena keindahan, asri dan sejuk, hampir setiap hari didatangi pembeli, terlebih pada Minggu, pembeli bisa memilih apa yang disuka. Di samping rumah sepanjang 100 meter pengunjung bisa melihat bunga-bunga cantik menuju ke halaman belakang, ada segala model dan bentuk beraneka warna pot.


Menggunakan besi tipis sehingga terlihat menarik. Desain ini memberi kesan mewah. Harga rak yang dijual bervariatif, mulai harga Rp 17 ribu hingga Rp 260 ribu, tergantung jenis dan motifnya.

"Belanja di sini lebih murah karena pot  aksesoris rumah dan rak bunga ini kerajinan sendiri, sampai bingung memilihnya, saya jauh-jauh dari Kediri hanya untuk membeli rak bunga, saya tau kios bunga ini dari teman dan juga dari sosial media," ucap seorang pembeli yang sedang memilih pot cantik.

Usia bukan menjadi indikator kesuksesan seseorang. Banyak pengusaha muda di Tulungagung bisa meraih kesuksesan. Perjalanan panjang yang dilaluinya bisa membangun  bisnis. Dari usahanya, Yongki dan istri berencana membuka peluang pekerjaan untuk  pemuda pengangguran  agar termotivasi bagaimana seseorang bisa sukses dalam usaha. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar