Ads

Sabtu, 04 Agustus 2018

Agustus 04, 2018
KORANPAGI.NET - Pesta rakyat sudah menjadi tradisi dalam setiap perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). Pawai kreasi desa yang di gelar di tingkat RT/RW Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, dalam rangka memeriahkan kemerdekaan RI yang ke 73.


Tema "Merdeka Jiwa Raga Menyatukan Perbedaan" adalah gagasan dari karang taruna (Kartar) Desa Beji selaku  penanggung jawab adalah kepala desa setempat. Kegiatan dilaksanakan pada Hari Sabtu (4/8/2018), di mulai dari pukul 11.00 WIB sampai selesai.

Pawai kreasi desa yang melibatkan kurang lebih dua ribu peserta dari tujuh RW ini diawali oleh Kepala Desa beserta ibu dengan mengenderai kereta kuda, diikuti oleh Babinsa dan Babinkamtibmas yang dilanjutkan oleh perangkat desa setempat dengan menaiki sepeda turonggo, disambung oleh masing-masing RT dari tiap RW. 

Start rombongan pawai tersebut di berangkatkan dari depan Madrasah Rodhatul Ulum dan finish di lapangan Mliwis Beta, Desa Beji. Animo masyarakat menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut, terbukti hampir seluruh warga masyarakat tumpah ruah menyaksikan hiburan  pawai desa di sepanjang jalan.


Beraneka tampilan dari tiap RW dengan menunjukkan kebolehannya berdandan diantaranya ibu petani, dayak kreasi, perjuangan tempo dulu, barongan, para waria dengan berjoget dan masih banyak lagi  yang disajikan. Pertunjukan ini sontak saja membuat penonton tertawa, terkesima dan enggan meninggalakan tempat.

Kegiatan pawai Desa Beji adalah sarana menyatukan warga, mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Ketua pelaksana kegiatan Yusan menanggapi kegiatan tersebut,"Baru tahun ini kami bisa mengadakan acara pawai dan alhamdulilah berjalan lancar, aturan yang harus diikuti  peserta yakni mematui tata tertib, pakaian tempo atau reformasi yang istilah sekarang jaman 'now',  peserta tidak boleh menggunakan atribut seperti atribut lembaga atau organisasi," kata Yusan.

Di tempat terpisah Kepala Desa Beji, Badrun juga mengatakan,"Jika acara ini yang menyelenggarakan adalah karang taruna, saya sebagai penanggung jawab desa mengikuti, saya memakai pakaian serta kendaraan ini hasil kordinasi perangkat dan karang taruna, mudah-mudahan kegiatan ini kita agendakan lagi untuk tahun depan.  Baru ini desa mengadakan pawai, ternyata pesertanya luar biasa, saya bangga dengan adika-adik karang taruna dan bangga dengan warga saya yang turut memeriahkan," ungkap Badrun. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar