Ads

Rabu, 08 Agustus 2018

Agustus 08, 2018
KORANPAGI.NET - Sebanyak 235 calon kepala desa akan bertarung pada pemilihan kepala desa serentak tahun 2019 mendatang. Sesuai petunjuk Kemendagri pelaksanaan Pilkades tidak boleh mengurangi masa jabatan kepada inkamben, Rabu (8/8/2018).


Kabupaten Tulungagung merupakan wilayah besar dengan 257 desa dari 19 Kecamatan yang ada. Ada salah satu desa di Kecamatan Kedungwaru yang mengundurkan diri dari kepala desa dengan sisa jabatan lebih dari satu tahun, dikarenakan kades tersebut akan maju dalam pemilihan bakal calon legeslatif (Bacaleg) tahun depan.  Maka proses Pergantian Antar Waktu (PAW) kita tunggu selanjutnya dari BPD setempat, sesuai  Permendagri nomor 65 tahun 2017 tentang Pilihan Kepala Desa (Pilkades).

Sarat pencalonan kepala desa adalah warga negara Republik Indonesia, berpendidikan paling rendah tamatan Sekolah Menengah Pertama atau sederajat, berusia paling rendah 25 tahun, tidak pernah di jatuhi hukuman penjara berdasarkan putusan pengadilan, berbadan sehat dan bebas narkoba, tidak pernah sebagai kepala desa selama 3 (tiga) kali masa jabatan dan berkelakuan baik.

"Bagi calon kepala desa yang akan maju pilkades tahun 2019 baik itu dari PNS, TNI/ Polri, Pegawai BUMN/ BUMD selain memenuhi persyaratan juga harus mendapat izin tertulis dari pejabat pembina kepegawaian dan apabila terpilih dan diangkat menjadi kepala desa dibebaskan sementara dari jabatannya selama menjadi kepala desa tanpa kehilangan hak sebagai pegawai negeri," kata Kasubag Aparatur Pemerintahan Desa, Yudi Irwanto. (Gusty Indh)

0 komentar:

Posting Komentar