Ads

Senin, 04 Juni 2018

Juni 04, 2018
KORANPAGI.NET - Jajaran Sat Reskrim Polres Tulungagung berhasil menangkap tiga tersangka penyimpan dan pembuat puluhan bahan baku petasan atau mercon jenis mesiu, Senin (4/6/2018).


Tiga orang ditangkap Sat Reskrim Polres Tulungagung lantaran menyimpan dan membuat puluhan bahan baku petasan (mercon) jenis mesiu, Senin (4/6/2018).

Dalam gelar ungkap polres tersebut, barang bukti yang berhasil ditunjukkan yakni sumbu petasan dan bahan lain berupa bubuk mesiu yang di tengarai sebagai bahan baku membuat mercon berbagai macam jenis.

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengatakan, bubuk mesiu dari tangan tersangka (TSK) ini sudah siap diledakkan,"Mereka menyimpan bahan peledak jenis mesiu ini rencananya untuk membuat berbagai jenis mercon yang sudah dirakit sedemikian rupa utuk siap diledakkan kapan saja," ungkap Kapolres.

Ketiga pelaku tersebut adalah AMR, warga Desa Nggilang Kecamatan Ngunut, VNF dan MS selaku pemilik bahan peledak, warga Desa Sukorejo Kecamatan Udan awu Blitar.

"Pelaku pertama berhasil di amankan dengan barang bukti 5 kilogram bubuk mesiu, hasil pengembangan kita sudah amankan dua tersangka lain dengan barang bukti 12,5 kilogram bubuk mesiu dengan total 17,5 kilogram," lanjutnya.

Selain bubuk pembuat mercon siap ledak, polisi juga menyita sepeda motor milik tersangka yaitu Honda Scoopy bernopol AG 6099 RAY, 71 sumbu petasan dan dua buah HP Nokia serta tas hitam ikut di amankan. Saat ditangkap ke tiga tersangka yang kesehariannya berprofesi sebagai wiraswasta ini menyimpan dan belum sempat diedarkan ke masyarakat.

Tersangka dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 dan 3 Undang-Undang darurat nomor 21 tahun 1951 dengan ancaman  hukuman 20 tahun kurungan penjara. (Gusti)

0 komentar:

Posting Komentar