Ads

Kamis, 04 Agustus 2016

Agustus 04, 2016
Giat susur Sungai Bengawan Solo pra KSI2 Selorejo Malang / dok. ksi2
KORANPAGI - Tim gabungan lintas instansi melakukan Susur Sungai Bengawan Solo sejak Senin lalu (1/08/16) sebagai bagian dari agenda pra Kongres Sungai Indonesia II (KSI). KSI2 sendiri akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini di Bendungan Selorejo Malang. Berdasarkan jadwal yang dikirim kepanitiaan KSI2 kepada Koran Pagi, pelaksanaan Susur Sungai ini sudah dimulai sejak tanggal 1 hingga tanggal 7 Agustus 2016 nanti.
Susur sungai start dari desa Sonde, Ngawi dan berakhir di Gresik. Susur sungai Bengawan Solo ini melibatkan lebih dari 40 personil yang terdiri dari Dinas SATPOL PP Provinsi Jatim, Dinas Kominfo Provinsi Jatim, Biro SDA Provinsi Jatim, BBWS Brantas, BPBD, Perum Jasa Tirta I, BLH Provinsi Jatim, Perhutani, Dinas Perikanan dan Kelautan, Armatim, Universitas Airlangga, Garda Lingkungan, LSM Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH) dan tim dari Kongres Sungai Indonesia II.
Sementara sarana prasarana susur sungai ini, difasilitasi penuh oleh Perhutani Divre Jawa Timur, basecamp pemberangkatan, akomodasi dan konsumsi pada titik pemberhentian. PJT I fasilitasi perahu karet dan fasilitas akomodasi titik peberhentian Tuban, Lamongan dan Gresik. BPBD Jawa Timur dengan 1 genset mobile tanggap darurat, personil dan 1 perahu.
ARMATIM dengan 2 Perahu Karet dan 4 Personil Paska. Dinas Perikanan dan Kelautan berencana memberikan benih ikan untuk tebar benih ikan di titik pemberhentian strategis untuk tebar benih. Ibu Artanti dari Biro SDA secara pribadi telah memfasilitasi snack untuk team yang berangkat dari Surabaya. 
Tim saat persiapan angkut alat susur sungai Bengawan Solo / dok. panitia ksi2
Melalui akun facebooknya "Ksi Jatim" sudah mulai membuka pendaftaran kepada calon peserta Kongres Sungai 2 dengan Formulir pendaftaran KSI2: https://goo.gl/forms/mMpAJGbjgyyL3XDg2 kemudian isi data, klik submit maka peserta sudah terdaftar.

Diperkirakan 2000 peserta dari seluruh Indonesia akan menghadiri KSI 2 Selorejo yang rencananya akan dibuka Presiden RI. Undangan peserta terdiri dari instansi pemerintah yang berkaitan dengan air dan lingkungan hidup, BUMD, Perhutani, PJT, LSM Air dan Lingkungan, Media Massa dan perwakilan aktifis lingkungan se Indonesia.

Belum ada keterangan resmi dari panitia terkait kepastiaan dam kesiapan pelaksanaan KSI-2 Selorejo yang menurut jadwal diadakan pada tanggal 20-24 Agustus 2016 ini. (ksi2/lam).