Ads

Kamis, 28 Juli 2016

Juli 28, 2016
Foto : Taman Gantung di Jalan Tunjungan / dok. Koran Pagi
KORAN PAGI - Satu lagi fasilitas umum yang diharapkan menjadi sebuah destinasi wisata baru, Taman Gantung di jembatan eks Tunjungan Center. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Selasa (26/7/3016), menyempatkan diri ditengah kesibukannya sebagai tuan rumah The Third Session Of The Preparatory Committe For Habitat III (Prepcom), datang meresmikan satu fasilitas tersebut di Jalan Tunjungan, Surabaya.

Jembatan tersebut dilengkapi tanaman, dan bangku taman agar pengunjung bisa menikmati pemandangan 'Kota Tua' Tunjungan. "Bagus ya pemandangannya kalau dari sini," kata Risma sambil melihat ke sisi selatan jembatan yang terbentang di atas Jalan Tunjungan itu usai meresmikan Taman Gantung, Selasa (26/7/2016).

Wali Kota perempuan pertama dalam sejarah Pemerintahan Kota Surabaya ini mengungkapkan, pembangunan Taman Gantung dimaksudkan untuk menghidupkan kembali Jalan Tunjungan yang menyimpan banyak sejarah.

Selain itu, ia memastikan bahwa ciri khas Kota Surabaya adalah taman, tapi karena tidak ada lagi lahan yang bisa dibangun, maka ia membangun taman itu dengan bergantung di atas jalan."Semua gratis untuk masyarakat, silahkan datang kesini," tuturnya.

Pembangunan Taman Gantung itu memang sedikit berbeda dengan taman biasanya. Sebab, bunga-bunga yang harus ditanam juga khusus, yaitu bunga atau tanaman yang tidak terlalu butuh sinar matahari penuh.

"Perbedaannya pasti ada, karena Taman Gantung ini harus dilapisi persil supaya airnya tidak menetes ke bawah dan mengganggu pengguna jalan dan kendaraan yang melintasi dibawah jembatan," ungkap Risma.

Selain itu, mantan Kepala Bappeko dan DKP Surabaya ini memastikan di Taman Gantung bisa dibuat tema-tema. Misalnya, selama tiga bulan tema bunganya adalah mawar, maka tanamannya mawar, begitu pula dengan tema-tema lainnya.

Peresmian Taman Gantung itu berbarengan dengan acara festival kuliner Jalan Tunjungan, sehingga di sepanjang Jalan Tunjungan ditutup dan menjadi area kuliner masyarakat.

Momen bersamaan ini dimanfaatkan warga untuk mengabadikan kawasan Tunjungan dari atas Taman Gantung. Wajah Jalan Tunjungan juga sudah cantik dan indah. Sebab, dihiasi dengan ribuan lampu dan lampion di atasnya. Hingga saat ini, ribuan warga terus berdatangan mengunjungi jalan yang sangat bersejarah itu. (dc/fa/snd)