Ads

Selasa, 19 Juli 2016

Juli 19, 2016
Contoh Karakter Lampion karya Djonet Batu di Mahakam Lampion Garden, Samarinda KALTIM
KORANPAGI - Umumnya masyarakat mengenal lampion bentuk bulat berwarna merah (lampion Cina). Namun seorang Seniman dari Desa Gunungsari Kota Batu Jawa Timur, Sujono Djonet, menciptakan Lampion Multi Karakter dengan berbagai ukuran. Mulai dari karakter hewan, tumbuhan, bangunan gedung, ikon religi, simbol-simbol dan lainnya.

"Menjadi orang desa bukan berarti kita tidak bisa berpikir kreatif. Setelah membuat perencanaan saya mulai membangun usaha kreatif ini, dengan mengerjakan sendiri semua lampion pertama saya. Alhamdulillah, akhirnya bisa berkembang seperti saat ini." Ungkap Djonet yang kini sukses menjadi Pengusaha Ekraf. 

Lampion sosialisasi Pemilu JATIM karya Djonet / Surabaya
Atas kreasinya tersebut, wahana wisata malam terbesar di Jawa Timur, Batu Night Spectaculer (BNS) mempercayakan kepada Djonet untuk membangun pusat lampion (Lampion Garden) di dalamnya dimana hingga saat ini menjadi taman bersinar yang paling favorit di Malang Raya. Hampir semua proyek lampion karakter dan lampion garden di lini usaha Jatim Park Group dikerjakan oleh Djonet.

Djonet (Baju Hitam) memandu timnya saat membuat Lampion Jerapah
Selanjutnya, karya Sujono Djonet mulai laris di pasar lampion karakter nasional. Pesananpun datang dari Bandung, Jakarta, Surabaya, Samarinda, Magelang hingga Pulau Dewata Bali. Saat ini Sanggar Brondjong Sejahtera (SBS) yang dibangunnya tengah mengerjakan pesanan lampion dari sebuah wahana wisata terkenal di Bali. Selain merancang bentuk, SBS juga mengerjakan karakter lampion Garuda Wisnu Kencana yang dari aspek bentuk sangat rumit.

Lampion Karakter Gedung-Kastil Djonet
"Sanggar SBS, selain bisa merekrut banyak masyarakat desa untuk bekerja, juga menjadi tempat belajar ekraf yang terbuka bagi siapapun." Ungkap Djonet yang saat ini sedang mempersiapkan Festival Desa Kreatif (FDK) I di Gunungsari Bumiaji Batu.

Lampion Karakter Harimau
Bagi masyarakat, perusahaan atau instansi yang membutuhkan lampion karakter dengan berbagai keperluan dapat langsung datang di Sanggar Brondjong Sejahtera Sujono Djonet, Desa Gunungsari (Dusun Pagergunung) Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Jawa Timur. (lam).